Sehubungan dengan adanya modus penipuan terkait proses seleksi calon tenaga kerja yang mengatasnamakan RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi, kami menghimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dan waspada agar tidak terpedaya oleh segala bentuk penipuan.

Berikut ini adalah pengumuman resmi dari RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi sehubungan dengan proses seleksi calon tenaga kerja :

1. RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi tidak pernah melakukan pungutan biaya apapun, meminta uang atau pembayaran apapun kepada para pelamar kerja, menjanjikan pengembalian dana akomodasi, transportasi, konsumsi dan sebagainya dalam pelaksanaan proses recruitment.

2. RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi tidak pernah bekerjasama dengan pihak-pihak seperti biro perjalanan / travel agent manapun dalam pelaksanaan recruitment, termasuk dalam hal ini untuk pemesanan tiket dan akomodasi, penjemputan dari dan ke bandara.

3. RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi meminta dengan tegas kepada para pelaku penipuan untuk tidak mengulangi tindakan tersebut.

4. RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi menghimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dan waspada terhadap tindakan penipuan tersebut. Pengumuman recruitment RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi dapat dikonfirmasi kepada :

     (1) RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi
          Nomor telepon : ( 0292 ) 421004 atau

          e-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
     (2) SMS Centre : 085 102 703 030

5. RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi tidak bertanggung jawab terhadap pihak-pihak yang dirugikan sehubungan dengan adanya penipuan yang mengatasnamakan RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi.


Demikian pengumuman ini disampaikan. Terima kasih
RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi Kabupaten Grobogan

 

10 Tips menjaga kesehatan di musim hujan:

 

1. Segera Mandi dan Keramas Bila Kehujanan

Pertama sediakan alat yang dapat melindungi anda dari hujan. Jika anda sedang berjalan kaki gunakan jaket untuk menghindari masuk angin dan gunakan payung untuk terhindar dari hujan. Jika anda mengendarai sepeda motor anda sebaiknya memakai jas hujan dan selalu mengunakan jaket yang tebal. Air hujan tidak selamanya bersih karena dapat mengandung partikel-partikel polusi, jadi segera mandi dan keramas jika anda sudah terkena hujan.

2. Cukup istirahat dan berolahraga

Hujan gerimis dan deras, pagi sampai malam sangat mengganggu rutinitas anda. Tapi tidak perlu khawatir anda dapat melakukan latihan ringan dirumah anda. Seperti Push  Up, Sit-Up.

3. Menjaga kebersiahn Tangan dan Gigi

Segera mencuci tangan jika anda sudah sampai ke rumah karena supaya bakteri atau kuman ditangan anda segera hilang dan biasakan mencuci tangan sebelum makan dan sesudah memasuki toilet.  Biasakan Anda menggosok gigi sebelum tidur.

4. Menjaga cairan tubuh

Pada waktu musim hujan kelembapan menjadi meningkat jadi jika anda sedang berkeringat usahan keringat anda tidak menguap dengan cepat.

Jadi anda mesti membawa sebotol air setiap hari saat melakukan aktivitas. Hindari minuman yang berkarbonasi. Dan usahakan anda dapat meminum jahe dan kopi.

5. Minum Air

Dimusim hujan atau dingin biasanya rasa haus berkurang dan kebanyakan orang malas minum air. Kebiasaan yang seperti ini dapat  mengalami dehidrasi dengan cepat. Padahal, tubuh yang memiliki pasokan air cukup akan menambah daya tahan tubuh. Jadi, pastikan Anda tetap mengonsumsi cairan setidaknya 1,5 liter setiap hari. Bisa juga air diganti minuman hangat.

6. Sediakan Minuman Hangat

Rasa dingin yang dialami dapat menurunkan daya tahan tubuh. Jadi segera membuat minuman yang dapat menghangatkan tubuh. Seperti teh, atau lemon dan madu, atau jahe hangat, apapun minuman hangat yang Anda suka.

Makanan yang berkuah dapat juga menghangatkan tubuh anda seperti, Soto, Sop, Bakso dan indomi campur dengan lombok.

7. Jaga asupan makanan sehat

Tetap kontrol makanan anda, usahakan mengkonsumsi makanan bergizi selama musim hujan. Ada baiknya Anda sering mengonsumsi makanan berkuah hangat, misalnya saja sup kuah, soto ayam atau sayuran dengan kuah hangat. Selain bergizi, makanan tersebut akan menjaga suhu tubuh tetap hangat.

8. Konsumsi makanan secara seimbang

Karena proses pencernaan saat musim dingin melambat, makanlah hanya ketika lapar dan dengan takaran seperlunya. Makan ketika Anda tidak merasa lapar dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Disarankan juga agar Anda rajin makan sayuran, buah-buahan, dan hidangan dengan rempah-rempah. Hal ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan secara bersamaan membantu proses pencernaan, serta mencegah infeksi. Agar lebih menyehatkan tubuh, pilih juga makanan yang bersih dan segar.

9. Jauhi sumber penyakit

Musim hujan membuat air menggenang dimana-mana, nyamuk jadi mudah berkembang biak, apalagi nyamuk demam berdarah. Hindarilah genangan air, dan basmi jentik nyamuk di lingkungan sekitar tempat tinggal. Untuk menghindari penyakit kulit, jaga pakaian agar tetap kering dan bersih sepanjang waktu.

10. Hindari Begadang

Tidur yang teratur dapat menjaga ketahanan daya tubuh anda. Tidur akan mengembalikan kondisi tubuh dan memulihkan stamina. Tidur juga bisa menghilangkan stres. Tidur juga akan memperbaiki sistem kekebalan tubuh Anda. Karena itu, pastikan anda memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat di malam hari karena waktu tidur dimalam hari tidak dapat digantikan di siang hari.

 

Menjaga kondisi atau kesehatan merupakan hal penting untuk dilakukan. Apalagi, ketika musim penghujan tiba maka tubuh harus benar-benar diperhatikan agar terhindar dari sakit. Badan data dan informasi pengurus besar ikatan dokter Indonesia Andi Khomeini Takdir Harun mengungakapkan, ketika musim hujan daya tahan tubuh memerlukan banyak asupan energi. Untuk mengantisipasi terjadinya sakit, maka ada sejumlah asupan yang harus dilakukan. Pertama Anda harus banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan segar, karena buah dan sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral yang alami. Kemudian, kata Andi, Anda harus menjaga kebersihan. Sebelum mengkonsumsi makanan, pastikan dulu Anda dalam kondisi yang steril dari bakteri. Termasuk asupan yang akan Anda konsumsi

“Kalaupun harus jajan, maka kantin sekolah ikut berperan dalam menjaga kebersihan.”

Selanjutnya, biasakan diri Anda dengan berolahraga selama 15 menit baik pagi maupun sore. Hal itu dilakukan untuk merenggangkan otot-otot Anda. “Olahraga seperti biasa, ringan-ringan saja. Jangan pula terlalu keras, intinya jangan melelahkan tubuh Anda.” Andi mengungkapkan, pada kondisi cuaca saat ini banyak jenis penyakit menyerang Anda. Terutama diare, flu bahkan sampai ke inspeksi saluran pernpasan akut. Untuk mencegah itu semua, dianjurkan untuk menjaga kebersihan secara pribadi.

“Gunakan masker jika Anda flu, jika diare Anda harus benar-benar memperhatikan makanan.”

 

Akhir-akhir ini Anda mudah leleh meski aktivitas tidak terlalu berat? Jangan heran jika berbagai upaya yang sudah dilakukan untuk mengembalikan energi tubuh tak pernah berhasil. Termasuk mengkonsumsi minuman-minuman penambah energi. Jika Anda mengalami lelah secara berlanjut, Anda perlu memahami gejalanya. Bisa saja Anda kekurangan vitamin dan mineral, kadar vitamin D, B12 atau zat besi yang rendah bisa menyebabkan Anda cepat lelah, cemas dan merasa payah. Bahkan, kekurangan vitamin D bisa menyebabkan otot terasa lemah dan nyeri. Depresi, berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa orang yang menderita kesedihan berkepanjangan dan depresi empat kali lebih beresiko mengalami keletihan yang tak bisa dijelaskan dibanding orang yang sehat.

Untuk mengtasi hal itu, maka sebaiknya Anda melakukan olahraga aerobik selama 30 menit empat kali dalam seminggu. Mungkin ini cara terbaik untuk mengurangi depresi sedang. Kemudian gangguan pada kelenjar adrenal. Kelenjar ini berfungsi mengeluarkan hormon adrenalin dan kortisol, terutama saat kita sedang stres. Nah, jika Anda mengalami stres yang dialami berkepanjangan beban kerja kelenjar ini jadi berlebihan. Ketidakmampuan kelenjar ini menghasilkan kortisol di siang hari bisa menyebabkan kita kekurangan energi, sementara di malam hari akan membuat kita sulit tidur. Untuk mengembalikan supaya normal maka Anda harus melakukan rileksasi dan meditasi.

Selanjutnya, makanan dan minuman mungkin bisa memberikan suntikan semangat di pagi hari, tetapi minum berlebihan bisa jadi masalah karena sifat kafein yang diuretik bisa menyebabkan dehidrasi yang berujung pada rasa lelah. Selalu minum air 8 gelas setiap hari atau perbanyak jika Anda banyak mengasup serat karena menyerap air. Kalau yang ini Anda harus berhati-hati, karena penyakit tak terdeteksi bisa saja terjadi. Jika tidak ada hal lain yang dicurigai sebagai penyebab kelelahan, maka Anda harus segera menemui dokter. Ada beberapa penyebab lelah yang jarang terdeteksi misalnya fibromyalgia dan sindrom lelah kronis. Kualitas tidur yang buruk dan hipertiroid juga bisa menyebabkan kelelahan.

Manusia melakukan banyak hal untuk tetap sehat dan memerangi berbagai penyakit seperti berolahraga, diet, mempertahankan jadwal tidur yang cukup, dan sebagainya. Namun tetap saja ada hal-hal yang di luar kontrol dan dapat mempengaruhi kesehatan, seperti golongan darah.

Simak beberapa penyakit berbeda yang dipengaruhi oleh golongan darah berikut ini.

1. Stres: Golongan Darah A

Orang dengan golongan darah A biasanya memiliki tingkat hormon stres kortisol yang lebih tinggi dari. Stres, ketika dibiarkan, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

2. Penyakit jantung: Golongan darah AB

Menurut sebuah studi dari Harvard University tahun 2012, orang-orang dengan golongan darah non-O memiliki lebih banyak risiko untuk terkena penyakit kardiovaskular, tetapi mereka dengan jenis darah AB memiliki resiko paling tinggi.

3. Masalah memori: Golongan Darah AB

Sebuah studi dari University of Vermont menemukan bahwa orang dengan golongan darah AB 82 persen lebih tinggi kemungkinannya untuk mengalami masalah berpikir dan memori. "Golongan darah banyak dikaitkan dengan penyakit seperti stroke yang memiliki dasar masalah vaskuler dan kami pikir bahwa hal ini berkontribusi untuk masalah memori," jelas Dr Mary Cushman, penulis utama dari studi tersebut.

4. Bisul: Golongan Darah O

Menurut DrMirkin.com, orang dengan golongan darah O memiliki antibodi yang bereaksi keras terhadap Helicobacter pylori, jenis bakteri yang menyebabkan luka dan bisul. Jika Anda memiliki jenis darah O, Anda cenderung lebih rentan terkena sakit perut dan bisul jika terinfeksi bakteri H. pylori.

5. Kanker Pankreas dan Kanker Perut: Golongan Darah Non-O

Antibodi yang membuat orang dengan golongan darah O lebih sensitif terhadap bakteri H. pylori juga membuat berisiko yang lebih rendah terkena kanker pankreas. Hal ini ditemukan salah satu studi yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiologi. Orang dengan tipe darah AB lebih berisiko terkena kanker perut.

Untungnya, risiko golongan darah Anda tidak signifikan, kata Dr. Gustaf Edgren, penulis studi tersebut. "Ada sedikit yang bisa kita lakukan tentang kanker lambung mengenai hal ini. Tapi risiko yang terkait dengan golongan darah sebenarnya terlalu kecil untuk membuat banyak perbedaan."

Jadi, apa yang sebaiknya Anda lakukan?

Meskipun Anda tidak bisa mengubah golongan darah Anda, mengetahui bahwa Anda rentan terkena jenis penyakit tertentu dapat membantu dalam jangka panjang dan mendorong Anda menjalani gaya hidup yang berbeda.

Lawan stres dengan latihan menenangkan seperti tai chi dan yoga. Jaga kesehatan pikiran Anda dengan membaca, melakukan teka-teki, dan berinteraksi dengan orang lain. Dan, tentu saja, merawat tubuh Anda dengan tidak merokok, berolahraga, dan makan dengan baik.