HASIL TINDAK LANJUT PENGADUAN (KOMPLAIN)

 DI RSUD Dr. R. SOEDJATI SOEMODIARDJO PURWODADI

KABUPATEN GROBOGAN

TAHUN 2019

No.

Tanggal

Identitas Yang mengajukan Keluhan

Jenis Aduan

Nomor Surat

Isi Aduan (Komplain)

Tindak lanjut

1.

7 Januari 2019

08579995XXXX

Media Sosial (WhatsApp)

001/ADUAN.INF/I/2019

003/ADUAN.INF/I/2019

-       Pengaduan keluhan tentang petugas Satpam yang kurang ramah;

-       Pengaduan keluhan tentang pelayanan yang kurang tanggap di Ruang IGD;

-       Pengaduan keluhan tentang petugas kebersihan di Ruang ICU.

-       Pengaduan Keluhan sudah ditindaklanjuti dengan Tim Pengelola Keluhan (Komplain) dengan mengadakan rapat pada tanggal : 8 Januari 2019 yang dihadiri oleh Bapak Direktur serta unit terkait (Ka. Ruang Satpam, Ka. Ruang IGD, Ka. Ruang ICU);

-       Pengaduan Keluhan Petugas Satpam:

Ka. Sub. Bag. Rumah Tangga dan Ka. Ruang Satpam telah memberikan teguran dan arahan kepada semua petugas Satpam untuk meningkatkan sikap yang ramah, sopan, dan santun kepada seluruh pengunjung pasien Rumah Sakit.

-       Pengaduan Keluhan Ruang IGD:

1.       Ka. Ruang IGD telah memberikan teguran dan arahan kepada seluruh petugas yang berjaga di ruangan termasuk dokter ataupun pengawas yang ada di Ruang IGD untuk bersikap lebih tanggap, ramah, sopan, dan santun kepada semua pasien yang ada di ruangan IGD ataupun keluarga pasien yang mengantar.

2.       Apabila ada pasien datang, maka untuk segera bersikap tanggap dalam penanganan pasien. Jangan saling menunggu.

3.       Ka. Ruang IGD telah memberikan teguran dan arahan kepada semua petugas yang berjaga di ruangan termasuk dokter yang ada di Ruang IGD untuk bersikap lebih ramah, sopan, dan santun kepada seluruh pasien Rumah Sakit yang ada di ruangan IGD ataupun keluarga pasien yang mengantar.

-       Pengaduan Keluhan Ruang ICU:

Ka. Ruang ICU telah memberikan teguran dan arahan kepada petugas kebersihan yang berjaga di ruangan untuk bersikap lebih tanggap, ramah, sopan, dan santun kepada penunggu pasien Rumah Sakit yang ada di ruangan ICU (keluarga pasien). Apabila saat membersihkan (menyapu, mengepel lantai) agar tidak membuang sandal-sandal yang ada di depan pintu masuk. Sebaiknya ditata rapi di tempatkan di rak sandal yang telah tersedia.

2.

10 Januari 2019

Sdri. Okta

08587600XXXX

Media Sosial (WhatsApp)

002/ADUAN.INF/I/2019

-       Pengaduan keluhan tentang dokter Klinik Rawat Jalan Paru yang datang terlambat dan ternyata dokter tersebut ijin tidak masuk, tetapi pasien sudah menunggu berjam-jam dan tidak diberi kepastian tentang jam kedatangan dokter;

-       Pengaduan keluhan tentang petugas Ruang Laboratorium di bagian Loket yang kurang ramah.

-       Pengaduan Keluhan sudah ditindaklanjuti dengan Tim Pengelola Keluhan (Komplain) dengan mengadakan rapat pada tanggal :15 Januari 2019 yang dihadiri oleh Bapak Direktur serta unit terkait (Ka. Ruang Rawat Jalan dan Ka. Ruang Laboratorium);

-       Pengaduan Keluhan Klinik Rawat Jalan Paru :

Ka. Ruang Rawat Jalan telah menindaklanjuti masalah tersebut dengan semua petugas klinik rawat jalan khususnya petugas klinik Paru untuk bersikap tanggap dalam memutuskan kepastian kedatangan dokter. Sehingga tidak mengecewakan pasien tersebut yang telah menunggu lama. Apabila dokter tidak memberikan kepastian kepada petugas yang berjaga diatas jam 12.00, maka dianggap doker tersebut tidak hadir. Kecuali dokter tersebut memnag memberikan informasi tentang pelayanan dimulai pada jam siang.

-       Pengaduan Keluhan  Ruang Laboratorium :

Ka. Ruang Laboratorium telah memberikan teguran dan arahan kepada semua petugas Laboratorium untuk meningkatkan sikap yang ramah, sopan, dan santun kepada pasien Rumah Sakit.

3.

12 Januari 2019

08128694XXXX

Media Sosial (WhatsApp)

003/ADUAN.INF/I/2019

-       Pengaduan keluhan tentang melayani dalam memberikan makan pasien di Ruang ICU.

-       Pengaduan Keluhan sudah ditindaklanjuti dengan Tim Pengelola Keluhan (Komplain) dengan mengadakan rapat pada tanggal :

15 Januari 2019 yang dihadiri oleh Bapak Direktur serta unit terkait (Ka. Ruang ICU);

-       Pengaduan Keluhan Ruang ICU:

Ka. Ruang ICU telah memberikan penjelasan bahwa dalam melayani atau memberikan makan / minum kepada pasien di ruang ICU biasanya di lakukan oleh petugas / perawat yang berjaga, tetapi diperbolehkan juga dilakukan oleh keluarga pasien yang berjaga dengan ketentuan jam saat makan / minum diperbolehkan. Apabila penunggu berada diluar ruangan dan pasien menginginkan makan atau minum disuapi oleh keluarganya, maka petugas / perawat yang berjaga akan memanggilkan keluarga pasien.

4.

12 januari 2019

Bp. Is - Kemanten

Langsung

004/ADUAN.INF/I/2019

-       Pengaduan keluhan tentang Pelayanan di Klinik Rawat Jalan Jiwa.

-       Pengaduan Keluhan sudah ditindaklanjuti secara Langsung oleh Petugas yang berada diruang Pengaduan;

-       Petugas Pengaduan :

1.       Petugas memohon maaf atas nama Rumah Sakit untuk ketidaknyamanan dalam pelayanan yang kurang maksimal khususnya di Klinik Rawat Jalan Jiwa;

2.       Petugas mengkonfirmasi kepada Klinik Rawat Jalan Jiwa untuk mengetahui kronologis kejadian dalam pelayanan;

3.       Petugas  memberikan penjelasan kepada pengadu bahwa :

-          pelayanan yang terjadi bersamaan dengan jadwal peserta CPNS yang mengikuti tes kesehatandi Rumah Sakit, maka sistem pelayanan pasien dirubah bergantian, yaitu untuk pelayanan pasien rutin dan diselingi peserta CPNS;

-          Untuk pemanggilan pasien dibagi menjadi 2, yaitu memanggil 5 pasien rutin dan 5 peserta CPNS;

-          Apabila pasien rutin lebih banyak, maka yang diutamakan adalah pasien rutin terlebih dahulu dengan menambah kuota pemanggilan menjadi 10 pasien rutin dan 5 peserta CPNS.

-          Untuk peserta CPNS yang terlebih dahulu dilayani adalah yang telah mengikuti jadwal tes kesehatan pada hari sebelumnya. Bukan peserta CPNS yang baru datang.

5.

15 Juni 2019

Keluarga Pasien An. El

Media Sosial (WhatsApp)

005/ADUAN.INF/VI/2019

-       Pengaduan keluhan tentang Pelayanan di Ruang Neoristi.

-       Pengaduan Keluhan sudah ditindaklanjuti dengan Tim Pengelola Keluhan (Komplain) dengan mengadakan rapat pada tanggal : 3 Juli 2019,  yang dihadiri oleh Bapak Direktur serta unit terkait (Ka. Ruang Neoristi);

-       Pengaduan Keluhan Ruang Neoristi :

1.       Ka. Ruang Neoristi  membahas tentang keluhan tersebut bersama-sama dengan petugas yang ada diruangan (ruang Neoristi);

2.       Ka. Ruang Neoristi memberikan pengarahan kepada semua petugas untuk selalu berpedoman pada SPO yang ada;

3.       Ka. Ruang Neoristi melaporkan hasil tindaklanjut di ruangan kepada Ka. Bid. Pelayanan Keperawatan dan Wakil Direktur Bidang pelayanan;

4.       Ka. Bid Pelayanan Keperawatan memberikan masukan tentang perlunya penempatan meja untuk nurse station di level I;

5.       Wakil Direktur Bidang pelayanan memberikan saran kepada semua petugas khususnya di Ruang Neoristi untuk senantiasa membaca SPO, Pedoman atau buku-buku lain berkaitan dengan pelayanan perawatan agar dapat memberikan penjelasan, rasa aman, nyaman kepada pasien maupun keluarga pasien;

6.       Ka. Rauang Neoristi mengucapkan terimakasih kepada keluarga pasien atas saran dan masukannya demi peningkatan pelayanan khususnya di Ruang Neoristi. Semoga kedepannya menjadikan pelayanan kami yang lebih baik lagi.

6.

16 Juni 2019

Bp. Rus -Plumpungan Banjardowo

Media Sosial (WhatsApp)

005/ADUAN.INF/VI/2019

-       Pengaduan keluhan tentang Pelayanan di Ruang Aster.

-       Pengaduan Keluhan sudah ditindaklanjuti dengan Tim Pengelola Keluhan (Komplain) dengan mengadakan rapat pada tanggal :3 Juli 2019, yang dihadiri oleh Bapak Direktur serta unit terkait (Ka. Ruang Aster);

-       Pengaduan Keluhan Ruang Aster :

1.       Ka. Ruang Aster telah menindaklanjuti masalah tersebut dengan mengkonfirmasi kepada petugas yang berjaga pada tanggal kejadian. Ternyata terjadi miss komunikasi pada para petugas yang berjaga.

2.       Ka. Ruang Aster memohon maaf atas kejadian tersebut kepada pengadu atas ketidaknyaman dalam pelayanan.

3.       Ka. Ruang Aster menghimbau kepada seluruh petugas Ruang Aster untuk fokus pada pelayanan di ruangan.

7.

1 Agustus 2019

XXX

Kotak Saran

006/ADUAN.INF/VI/2019

-       Pengaduan keluhan tentang Sarana Prasarana di Ruang Tunggu Pintu masuk pengunjung pasien.

-       Pengaduan keluhan sudah ditindaklanjuti secara langsung oleh Tim Pengelola Keluhan (Komplain) dengan ruang IPSRS untuk memenuhi kebutuhan sarana prasarana (memasang pengaman/ Rilling agar pengunjung tidak terjatuh).